Hello and welcome to beautiful My Life as a Binusian.

Bab II Metode Kegiatan

Bab II

Metode Kegiatan

 

Metode yang kami pilih untuk menjalankan kegiatan keagamaan ini adalah melakukan wawancara dengan beberapa tokoh agama yang berbeda. Kegiatan wawancara yang kami lakukan berupa diskusi atau membahas topik-topik yang bersangkutan dengan nilai-nilai toleransi, keberagaman, pluralisme, dan kerjasama antar umat beragama. Mengapa kami memilih untuk melakukan wawancara dengan tokoh agama ?

Alasan utama kami memilih metode kegiatan ini ialah agar kita bisa mempelajari lebih dalam mengenai agama, baik yang kita anut maupun tidak. Setiap agama tentunya memiliki ajaran ataupun peribadatan yang berbeda, oleh kerena itu dengan mempelajari ajaran agama yang lain tentu kita akan lebih saling menghormati, terbuka ataupun menghargai sesama umat beragama dalam kehidupan kita sehari-hari.

Metode kegiatan kami ialah wawancara yang berkaitan dengan keberagaman dan toleransi antar umat beragama. Adapun tempat dan waktu untuk melakukan wawancara adalah sebagai berikut :

  1. Ekayana Buddhist Centre atau Vihara Ekayana Arama yang berlokasi di Jl. Mangga II No. 8 RT.008/RW.08, Duri Kepa, Jakarta Barat, 11510.

Hari/Tanggal : Jumat, 10 November 2017

Pukul : 09.00

 

  1. Pura Candra Prabha yang berlokasi di Indraloka Raya No.1, RT.8/RW.10, Jelambar, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460. Hari/Tanggal : Minggu, 10 Desember 2017

Pukul : 07.30

 

  1. Rumah Pendeta Elisabeth Linda Hermawati S.Ag yang berlokasikan di Jl. Kebon Nanas Selatan 1 No. 7A RT.016/RW.08, Kelurahan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Hari/Tanggal : Kamis, 2 November 2017

Pukul : 14.00

Lembar Pertanyaan :

  1. Apakah pandangan Bapak/Ibu atau agama Bapak/Ibu mengenai keberagaman agama di Indonesia (dari sisi positif dan negatifnya) ?
  2. Menurut pandangan Bapak/Ibu, apakah solusi terbaik untuk menyelesaikan konflik-konflik yang berhubungan dengan keberagaman agama ?
  3. Menurut Bapak/Ibu apa yang harus pemerintah lakukan agar Indonesia bisa bersatu di antara keberagaman yang kita hadapi ?
  4. Indonesia belakangan ini semakin kelihatan bahwa walaupun semboyan kita ini “Bhineka Tunggal Ika”, tetapi masih ada saja kesenjangan sosial antar umat atau ras atau golongan, apa pendapat Bapak/Ibu tentang hal ini ?
  5. Bagaimana pandangan Bapak/Ibu mengenai kehidupan toleransi antar umat beragama yang sekarang dengan yang dulu ?
  6. Apakah pendapat Bapak/Ibu mengenai pemakaian media sosial dalam konteks keberagaman agama ? (Media sosial sering dipakai sebagai media untuk dakwah, diskusi, pendalaman agama, dll.)
  7. Apakah Bapak/Ibu setuju jika suatu negara atau daerah hanya terdiri dari 1 agama saja ? Tolong sertakan alasannya !
  8. Apakah Bapak/Ibu setuju bahwa toleransi antar umat beragama dapat meningkatkan kepedulian sosial ? Tolong sertakan alasannya !
  9. Menurut Bapak/Ibu lebih baik untuk mementingkan agama sendiri atau toleransi antar agama terlebih dahulu ? Tolong sertakan alasannya !
  10. Menurut Bapak/Ibu apakah hubungan antara kerukunan umat beragama dengan interaksi sosial ?
  11. Menurut Bapak/Ibu, setelah melihat keadaan Indonesia yang masih memiliki kesenjangan sosial karena perbedaan ini, apakah yang akan terjadi jika hal ini terus berlanjut ?
  12. Beberapa orang menganggap bahwa agama adalah sumber masalah atau sumber konflik, apakah Bapak/Ibu setuju dengan hal ini ? Apa alasannya ?
  13. Jika kita terpecah belah karena perbedaan agama, apakah sebaiknya di dunia ini kita tidak perlu ada agama saja, atau percaya pada satu agama saja agar kita bisa bersatu ? Apa alasannya ?
  14. Menurut Bapak/Ibu contoh karakteristik seseorang yang sudah memiliki toleransi antar agama seperti apa ? Tolong jelaskan !
  15. Menurut Bapak/Ibu apa dampak teknologi, politik, sosial, dan ekonomi dalam toleransi antar agama ?
  16. Apakah pendidikan karakter (toleransi,peduli,dll.) perlu diadakan di sekolah-sekolah atau perguran tinggi ? Tolong sertakan alasannya !
  17. Menurut kitab suci agama Bapak/Ibu, apakah ada kutipan yang membahas tentang keberagaman ?
  18. Apakah dengan rajin beribadah atau ke tempat ibadah dapat meningkatkan sikap toleransi dengan orang lain ? Tolong sertakan alasannya !
  19. Menurut Bapak/Ibu apakah ada batasan-batasan dalam toleransi antar agama ? Tolong jelaskan !
  20. Apa saran Bapak/Ibu kepada Kami sebagai mahasiswa atau generasi penerus Bangsa dalam mengembangkan dan menjaga kerukunan dan toleransi agama ?

Posted on 20 December '17 by , under Uncategorized.